PBI UII SELENGGARAKAN PEMBEKALAN MAHASISWA / PESERTA PPL SEKOLAH 2017

Pada hari Jum’at (28/7) Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) UII kembali mengadakan kegiatan pembekalan bagi mahasiswa peserta PPL (PraktikPengalamanLapangan) 2017 di ruang microteaching PBI Universitas Islam Indonesia.

Pembekalan PPL Sekolah di adakan guna memberikan arahan kepada peserta PPL Sekolah sebelum diterjunkan untuk melakasanakan kegiatan PPL di 12 sekolah mitra prodi Pendidikan Bahasa Inggris UII, diantaranya SMA 1 Pakem, SMA UII Yogyakarta, SMA Budi Mulia Dua Yogyakarta, SMAIT Bina Anak Saleh (BIAS), SMK 1 Depok Sleman, SMA 1 Kalasan, SMA 2 Ngaglik, SMA 1 Turi, SMA 1 Yogyakarta, SMP 4 Pakem, SMP 1 Pakem, dan SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta.

 

Kegiatan workshop pembekalan PPL Sekolah tersebut diikuti oleh 40 mahasiswa tahun ketiga beserta 4 mahasiswa PBI UII yang akan diterjunkan untuk mengikuti PPL di tingkat ASEAN. Kegiatan tersebut di bagi dalam dua sesi dengan menghadirkan pembicara antara lain Aris Wiradaryanti, S.Pd., M.Hum sebagai pembahas impelementasi kurrikulum 2013 (edisirevisi) dan Ir. Retno Tri Andari, MBA yang mengantarkan materi tentang profesionalisme kerja sebagai guru.

Dalam salah satu paparannya, Aris Widaryanti, S.Pd., M.Hum menyampaikan bahwa perubahan kurrikulum 2013 (edisi revisi) tahun 2017 diantaranya adalah mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di dalam pembelajaran, mengintegrasikan literasi keterampilan abad ke 21 yang di istilahkan dengan 4C yaitu Creative, Critical thinking, Communicative, and Collaborative, mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill), pendekatan scientific 5M sebagai bukan satu- satunya metode mengajar, beberapa perubahan terminology dengan istilah ulangan diganti dengan istilah penilaian, bobot penilaian harian dan penilaian akhir semester sama. Selanjutnya, Ir. Retno Tri Andari, MBA dalam sesi kedua workshop menekankan kepada mahasiswa peserta PPL untuk mengajar dengan maksimal, selalu mempersiapkan diri dengan matang sebelum memberikan pembelajaran di kelas dan selalu berusaha menghadirkan semangat yang positif bagi peserta didik. 

Di akhir sesi sebelum acara ditutup, penanggung jawab Program PPL Sekolah tahun 2017, Intan Pradita., S.S., M.Hum menyampaikan pengumuman tentang pembagian mahasiswa di sekolah- sekolah mitra dan mekanisme PPL Sekolah ketika mahasiswa mengikuti program PPL.

Adapun tujuan dari kegiatan pembekalan pra-PPL Sekolah tersebut adalah prodi ingin memberikan gambaran yang lebih baik bagi  mahasiswa terhadap hal, aturan dan bentuk-bentuk kegiatan yang perlu menjadi wawasan serta tugas dan tanggung jawab mereka sebagai calon guru. Sehingga diharapkan, proses transisi pengetahuan pedagogi, policy, tata kelola kelas yang mereka peroleh dari bangku kuliah pada semester dan tahun-tahun sebelumnya dapat diterjemahkan ke dalam praktek mengajar dan tugas-tugas keguruan mereka di sekolah masing-masing dengan lebih efektif.