CALON PESERTA PPL AUSTRALIA 2017 IKUTI TRAINING IMIGRASI & BIPA

Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) UII kembali menyelenggarakan training untuk mahasiswa/i PBI yang telah lolos seleksi tahap akhir program PPL Australia 2017. Sebanyak enam mahasiswa/i PBI UII mengikuti serangkaian training diantaranya immigration training dan BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) training

Immigration training diselenggarakan pada 15 Mei 2017 di ruang Audio Visual Lt. 2 Gedung Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) UII dengan narasumber Nusantara Tour and Travel. Dalam paparannya, Nusantara Tour and Travel menyampaikan beberapa poin penting terkait hal yang harus disiapkan sebelum melakukan perjalanan keluarnegri. Tim dari Nusantara mengawali paparanya dengan menjelaskan tentang tips pembuatan passport seperti melengkapi dokumen, memberikan data secara sah dan benar, datang lebih awal untuk menghindari antrian panjang, dan sebagainya. Nusantara Tour juga menyampaikan bahwa perihal pembuatan visa tidak jauh beda denga npembuatan passport hanya saja ada beberapa dokumen yang berbeda seperti surat dari jurusan/ fakultas, undangan dari pihak sekolah di Australia, dsbnya.

 

Di akhir sesi pelatihan, pemateri menyampaikan tentang hal- hal yang harus diperhatikan diantaranya:  agar jenis barang bawaan tidak menimbulkan potensi masalah di custom bandara tujuan  di luarnegri.

Setelah immigration trainingusai, di tahapan selanjutnya,  peserta PPL Australia mengikuti BIPA training. Training BIPA ini diselenggarakan pada 30 Mei 2017 di ruang Audio Visual Lt. 2 Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII).

BIPA merupakan program pembelajaran ketrampilan mengajar bahasa Indonesia (berbicara, menulis, membaca, dan menyimak) bagi penutur asing. Program Training BIPA ini di selenggarakan dengan tujuan untuk membekali peserta PPL Australia agar mampu mengajarkan Bahasa Indonesia di 3 sekolah (secondary colleges) yang ada di Melbourne, Australia yaitu Mornington Secondary College, Dromana Secondary College, dan Rosebud Secondary College sebagai lokasi penempatan mahasiswa PBI UII.

Training BIPA tahun ini menghadirkan Kijambu John Baptist, seorang mahasiswa asing dari Belanda,  sebagai penutur asing bahasa Indonesia sekaligus sebagai penilai dalam sesi microteaching di pelatihan BIPA tersebut.

Di penghujung rangkaian BIPA training tersebut, Kijambu John Baptist berkesempatan melakukan sharing tentang pengalaman mempelajari bahasa asing dan kebudayaan bangsa lain sebagai bagian dari pengalaman  cross cultural understanding and immersion, agar peserta PPL Australia mempunyai gambaran yang lebih baik dan lebih siap untuk menghadapi berbagai tantangan bahasa maupun potensi gegar budaya di negeri Kangguru tersebut.