WORKSHOP METODOLOGI PENELITIAN & PEMETAAN MATA KULIAH BERBASIS RISET

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) kembali menunjukkan perhatian dan upayanya terhadap peningkatan kualitas riset dosen dan penelitian mahasiswa melalui  workshop metodologi penelitian dan pemetaan matakuliah berbasis riset. Acara digelar di Ruang Micro-teaching PBI pada Rabu dan Kamis, 19-20 Ramadhan / 14-15 Juni 2017. Sebagai nara sumber adalah Dr. Nur Arifah Drajati, M.Pd dari Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UII, Irma Windy Astuti, S.S., M.Hum saat membuka pelatihan tersebut mengemukakan tujuan dari workshop tersebut yaitu untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dosen PBI sehingga berdampak pada kualitas riset/ Tugas Akhir mahasiswa.

 

Dalam pemaparan materi workshopnya, Dr. Arifah mengawali dengan menjelaskan tentang penulisan tugas akhir S1/ Skripsi yang bermakna. Menurutnya, Skripsi tidak hanya sebatas sebagai syarat kelulusan saja akan tetap ibagaimana skripsi itu bermanfaat untuk banyak orang, khususnya komunitas pengajar dan pembelajar bahasa Inggris.

Paper for undergraduate students’ yang sifatnya eksperimental tidak disarankan untuk mahasiswa S1 karena menurut expert,  metode penelitian yang sifatnya eksperimental termasuk dalam kategori penelitian advanced ungkapnya. Workshop kemudian membahas dan membedah  jenis-jenis  metodologi penelitian yang lebih direkomendasikan untuk level sarjana.

Setelah pemaparan tentang metodologi penelitian tersebut, pemateri bersama dosen-dosen kembali berdiskusi untuk mencermati dan merekomendasikan peta serta konten mata kuliah riset di kurikulum prodi PBI UII. Diharapkan penguatan peta riset tersebut akan lebih efektif memfasilitasi mahasiswa dalam proses penyelesaian tugas akhirnya.

Di akhir sesi workshop tersebut, dosen-dosen berkesempatan untuk mempresentasikan paper/ hasil karya ilmiahnya untuk mendapatkan feedback terkait metodologi riset yang digunakan.