Prodi PBI FPSB UII Raih Akreditasi B

Penantian keluarga besar Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) akhirnya berbuah manis. Melalui SK BAN PT. No. 2961/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2016, Prodi PBI dinyatakan berhak memperoleh akreditasi B.

 “Intinya, bersyukur atas pencapaian akreditasi  nilai B untuk prodi PBI yang masih relatif baru dan hasil tersebut (termasuk feedback dari asesor visitasi) akan digunakan oleh prodi sebagai bahan/ materi evaluasi kinerja prodi dalam rangka peningkatan status di tahun-tahun  mendatang”, ungkap ketua prodi PBI, Irma Windy Astuti, S.S., M.Hum.

 

Irma menambahkan bahwa nilai B yang didapat menjadi capaian yang realistis mengingat  saat ini prodi PBI memang belum memiliki banyak lulusan,  (dari 2 angkatan) termasuk lulusan yang terserap ke pasar kerja. Selain itu, menurutnya jabatan fungsional dosen juga masih perlu ditingkatkan seiring dengan berjalannya waktu. Hal ini dikarenakan hampir 50% dosen prodi PBI merupakan dosen baru. Selain itu, bu Irma juga menambahkan bahwa studi lanjut ke jenjang doktor perlu juga  diprioritaskan karena saat ini PBI juga belum memiliki SDM bergelar doctor. Peningkatan capaian riset kolaborasi dosen mahasiswa, serta riset dari sumber2/hibah external & capaian PKM pun tak luput dari perhatian untuk ditingkatkan.  

“Hal lain sudah relatif baik, perlu dijaga dan ditingkatkan, sprit atmosfer akademik, pemutakhiran dan implementasi kurikulum, kinerja penelitian dosen, kerjasama dalam & luar negeri, fasilitas pembelajaran”, pungkasnya.

Selamat atas capaian akreditasi yang sudah diperoleh. Kita semua tentu berharap agar capaian tersebut benar-benar membawa barakah bagi prodi PBI FPSB UII khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.