Keikutsertaan Prodi PBI UII dalam 2016 AAU English Camp

English Camp merupakan salah satu kegiatan temu mahasiswa dan prodi Bahasa Inggris yang rutin diikuti oleh Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) UII . Kegiatan yang diselenggarakan oleh AAU (Akademi Angkatan Udara) Yogyakarta ini mempertemukan mahasiswa dari beberapa prodi Bahasa Inggris dalam sebuah rangkaian acara yang dikemas dengan format camp yang diisi dengan berbagai kegiatan pembelajaran bahasa dan budaya yang positif. Pada tahun 2016 ini, kegiatan English Camp diselenggarakan pada tanggal 29 September – 1 Oktober 2016, dan dalam kesempatan tersebut,  Prodi PBI UII diwakili olehlima mahasiswanya, yaitu: Danang Dipo, HM Zaha, Merlina Rahma H, Yunita Wahyu W, Cahyani Dwi R.

 

English Camp yang berlangsung selama  3 hari 2  malamtersebut diisi dengan berbagai  kegiatan  yang diantarkan dan dilakukan dalam Bahasa Inggris (sebagai bahasa pengantar dan alat / media komunikasinya). Dalam kegiatan tersebut mahasiswa terlibat dalam beberapaaktifitas diantaranya: mempresentasikan profil prodi PBI, mendiskusikan tema cross-cultural understanding, mengikuti seminar Drug Abuse yang disampaikan langsung oleh ketua BNN (Badan Narkotika Nasional) Daerah Istimewa Yogyakarta, dan menampilkan cultural performance. Selain itu mahasiswa juga berkesempatan untuk diajak mengunjungi museum Dirgantara AAU.Dalam sesi cultural performance, mahasiswa PBI UII menampilkan kreatifitas mereka berupa permainan pantun bersambung. Sementara itu jalan sehat, outbound dan upacara penutupan mengisi kegiatan peserta di hari terakhir camp.

Perwakilan mahasiswa PBI UII menyampaikan terdapat banyak manfaat yang diperoleh  melalui keikutsertaannya dalam  kegiatan tersebut, diantaranya: pengalaman dan pengetahuan berharga dalam bidang penerbangan selain tentunya jalinan pertemanan dan jejaring dengan para peserta dari 11 universitas dan dari AAU sendiri. Kegiatan tersebut juga dinilai sangat relevan oleh salah satu perwakilan peserta, khususnya sebagai ajang untuk terus mengasah kemampuan berkomunikasinya dalam bahasa Inggris, dan sebagai bentuk praktek wicara yang otentik diluar perkuliahan dan diluar kegiatan klub Bahasa Inggris yang mereka biasa ikuti di PBI dan di lingkungan kampus UII.